Nama : Indah Iswahdaniyah
Kelas : 2DF01
Tugas : Komunikasi Bisnis
Dalam
kehidupan suatu organisasi bisnis, komunikasi merupakan faktor yang sangat
penting bagi pencapaian tujuan suatu organisasi. Seorang pimpinan memerintahkan
bawahannya untuk membuat surat pesanan barang, menjawab atau membuat surat aduan,
membuat surat edaran umum, membuat surat kontrak kerjasama,
membuat surat balasan / tanggapan, dan sejenisnya merupakan hal yang
rutin dalam dunia bisnis.
Secara
umum dapat dikemukakan bahwa yang dimaksud dengan komunikasi bisnis adalah komunikasi
yang digunakan dalam dunia bisnis yang mencakup berbagai macam bentuk
komunikasi, baik komunikasi verbal maupun nonverbal. Sebagai awal
bahasan dalam komunikasi bisnis, maka akan dibahas antara lain bentuk dasar
komunikasi yang mencakup komunikasi verbal dan nonverbal, proses komunikasi,
sebab-sebab timbulnya kesalahpahaman dalam komunikasi, dan bagaimana cara
memperbaiki atau meningkatkan komunikasi.
Bentuk Dasar Komunikasi
Komunikator
yang efektif tentu saja memiliki beberapa alat komunikasi bila
ingin menyampaikan suatu pesan. Mereka tahu bagaimana menempatkan kata yang
mampu membentuk suatu arti, bagaimana mengubah situasi menjadi lebih menarik,
bagaimana mengajak peserta untuk ikut aktif (berpartisipasi) dalam diskusi,
bagaimana menyelipkan humor yang mampu menghidupkan suasana, bagaimana
menyiapkan ruangan yang mampu menghidupkan diskusi, apakah dilakukan melalui
tulisan (written) atau ucapan/lisan (oral).
Pada
dasarnya ada dua bentuk komunikasi yang lazim digunakan dalam praktek dunia
bisnis maupun nonbisnis yaitu komunikasi verbal dan nonverbal. Masing-masing
bentuk komunikasi tersebut dapat dijelaskan secara singkat sebagai berikut:
1. Komunikasi
Verbal (Verbal Communications)
Contoh Kasus
Komunikasi verbal:
Misal pimpinan
PT. ABC sedang memimpin rapat dengan para staff nya membahas langkah atau
strategi agar PT. ABC siap bersaing dengan perusahaan-perusahaan lain.
2. Komunikasi
Nonverbal
Bentuk
komunikasi yang paling mendasar dalam komunikasi bisnis adalah komunikasi
nonverbal. Menurut teori antropology sebelum manusia menggunakan kata-kata,
mereka telah menggunakan gerakan-gerakan tubuh, bahasa isyarat (body language)
sebagai alat untuk berkomunikasi dengan orang lain.
Contoh Kasus
Komunikasi Nonverbal:
Misal, manager
PT. ABC berjabat tangan dengan perwakilan PT. XYZ setelah menyetujui kontrak
kerja sama antara dua perusahaan tersebut.
Pendek
kata, dalam komunikasi nonverbal orang dapat mengambil suatu kesimpulan tentang
berbagai perasaan orang baik rasa senang, benci, cinta, rindu dan
berbagai macam perasaan lainnya. Lagi pula, komunikasi nonverbal berbeda dengan
komunikasi verbal didalam cara yang cukup mendasar.
Komunikasi
nonverbal juga berbeda dengan komunikasi verbal dalam hal penyampaian suatu
pesan yaitu secara spontan. Pada umumnya, sebelum
menyampaikan sesuatu, seseorang sudah memiliki suatu rencana tentang apa yang
ingin dikatakan. Misalnya, ketika seseorang mengatakan "Tolong, bukakan
pintu itu," maka pada saat itu seseorang dengan sadar telah
mempunyai tujuan atau maksud tertentu. Tetapi, ketika seseorang berkomunikasi
secara nonverbal, ia seringkali melakukan sesuatu secara tidak sadar.
Komunikasi sangatlah penting bagi kehidupan dan dalam segi bisnis komunikasi adalah hal yang sangat menentukan dalam pencapaian bisnis tersebut baik dari sisi keuntungan, kerja sama maupun hal-hal yang membuat perusahaan dapat berkembang dengan yang diharapkan tiap-tiap perusahaan.
Saran:
Penting bagi tiap-tiap perusahaan untuk memperbaiki komunikasi dengan perusahaan lain yang berhubungan atau berkerja sama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar