NAMA : INDAH ISWAHDANIYAH
KELAS : 3DF01
NPM : 58212356
TUGAS : EKONOMI KOPERASI
PERENCANAAN USAHA
Untuk memulai
usaha bisnis diperlukan perencanaan dalam bentuk dokumen tertulis yg berisikan
ide dasar dan pertimbangan pendirian perusahaan, sekaligus sebagai blue print
yg berisikan tentang misi usaha, usulan usaha ,operasional usaha, rincian
finansial, strategi usaha, peluang pasaryg mungkin diperoleh dan kemampuan
serta ketrampilan pengelolanya.
Perencanaan
usaha sebagai persiapan awal mempunyai dua fungsi penting, yaitu :
1.
Sebagai pedoman untuk mencapai keberhasilan
manajemen usaha
2.
Sebagai alat untuk mengajukan kebutuhan permodalan yang
bersumber dari luar.
TEKNIK DAN STRATEGI PEMASARAN
Setelah memahami perencanaan usaha, langkah selanjutnya adalah
mempelajari dan melatih bagaimana barang dan jasa yang dihasilkan itu
dipasarkan (Distribusi). Sesuai dengan devinisi pemasaran itu sendiri yaitu:
kegiatan meneliti kebutuhan dan keinginan konsumen (probe/ search),
menghasilkan barang dan jasa sesuai deangan kebutuhan dan keinginan konsumen
(product), menentukan tingkat harga (price), mempromosikannya agar produk
dikenal konsumen (promotion), dan mendistribusikan produk ketempat konsumen
(place), maka tujuan pemasaran adalah bagaimana agar barang dan jasa yang
dihasilkan disukai, dibutuhkan, dan dibeli oleh konsumen
Ini berarti bahwa dalam pemasaran haruslah diawali dengan riset
pemasaran, yaitu untuk meneliti kebutuhan dan keinginan konsumen. Sesuai dengan
tujuan pemaasaran maka inti dari pemasaran yaitu menciptakan nilai yang lebih
tinggi dibandingkan nilai yang diciptakan oleh pesaing bagi konsumen. Strategi
usaha yang yang cocok dengan konsep tersebut adalah memproduksi barang dan jasa
apa bisa dijual dan bukan menjual barang dan jasa yang bisa diproduksi. Prinsip
dasar dari pemasaran adalah menciptakan nilai bagi langganan (customer value),
keunggulan bersaing (competitive advantages), dan fokus pemasaran. Tujuan
pemasaran bukanlah untuk mendapatkan langganan, akan tetapi memperbaiki situasi
bersaing.
PERENCANAAN PEMASARAN
Pembahasan tentang strategi perusahaan tidak bias terlepas dari
perencanaan, arahan, atau acuan gerak langkah perusahaan untuk mencapai suatu
tujuan. Ada beberapa langkah dalam merencanakan pemasaran bagi usaha baru ;
Ada beberapa langkah dalam merencanakan pemasaran, langkah-langkah
tersebut terdiri dari.
1.
Penentuan kebutuhan dan keinginan
pelanggan
2.
Memilih pasar sasaran khusus
3.
Menempatkan strategi pemasaran
dalam per-saingan
4.
Pemilihan strategi pemasaran
BERORIENTASI PADA KONSUMEN
Usaha baru yang berhasil pada umunya memusatkan perhatian pada
pengembangan sikap yang berorientasi pada kepuasan pemilik kepentingan
(Stakeholder satisfaction).
KUALITAS
Agar berhasil dalam persainagn global sangatlah penting bagi
perusahaan untuk mmeperhatikan kulitas barang dan jasa serta pelayanan.
Perbaikan kualitas tersebut terangkum dalam (Total Quality Managenent/ TQM).
Menurut Zimmerer (1996) ada lima komponen kualitas yang secara berurutan perlu
diperhatikan, yaitu:
·
Ketepatan (Realibity), yaitu
rat-rat kelalaian/ pengabaian.
•
Daya tahan (Durability), yaitu
berapa lama barang dan jasa tersebut dapat dipakai/ bertahan.
•
Mudah digunakan (easy of use),
yaitu barang dan jasa tersebut harus mudah untuk digunakan.
•
Nama merek yang terkenal dan
dipercaya (Known and trusted brand name).
•
Harga yang relative murah.
KENYAMANAN
Untuk mengetahui kenyamanan dapat dilakukan dengan cara meminta
informasi kepada pelanggan.
INOVASI
Inovasi merupakan kunci keberhasilan bagi usaha baru. Perubahan
pasar yang sangat cepat dan persainagn yang kompleks menuntuk inovasi yang
terus menerus, hal itu akan menjadi kekuatan bagi wirausahawan dalam meraih
sukses usahanya. Bebebrapa bentuk inovasi yang lazim dan terkenal antara lain
bentuk baru, perbedaan teknik/ cara, dan pendekatan baru dalam
memperkenalkannya.
KECEPATAN
Kecepatan merupakan kekuatan dalam persainagn. Dengan kecepatan
berarti mengurangi biaya, meningkatkan kualitas, dan memenuhi permintaan pasar.
Secara filosofis, kecepatan disebut Time Commpression Management (TCM).
PELAYANAN DAN KEPUASAN PELANGGAN
Wirausaha mengetahui bahwa salah satu cara terbaik untuk
mempertahankan pelanggan dan menarik pelanggan baru adalah dengan menyajikan
pelayanan yang lebih baik yang tidak tertandingi oleh pesaing lain.
PRODUK (Product)
Produk selalu mengalami daur ulang (product life cycle)
yang meliputi :
a.
Tahap pengembangan
b.
Tahap pengenalan
c.
Tahap pertumbuhan penjualan
d.
Tahap kematangan
e.
Tahap kejenuhan
f.
Tahap penurunan
TEMPAT
(Place)
Tempat yang menarik bagi konsumen adalah tempat yang strategis,
menyenangkan, dan efisien, untuk mencapai sasaran tempat dapat dilakukan dengan
cara :
a. Perbanyak
saluran distribusi
b. Perluas
segmentasi
c. Layout
d. Penyampaian
barang efisien
e. Sistem
persediaan
HARGA (Price)
Harga yang tepat adalah harga yang terjangkau dan harga yang
paling efisien bagi konsumen. Wirausaha dapat menentukan harga yang paling
efisien dengan inovasi dan kreativitasnya. Ada beberapa faktor yang harus
dipertimbangkan dalam menntukan harga, yaitu :
a. Biaya
barang dan jasa
b. Permintaan
dan penawaran pasar
c. Harga
pesaing
d. Kondisi
ekonomi
e. Lokasi
usaha
f. Fluktuasi
musiman
g. Psikologis
pelanggan
h. Bunga
kredit dan bentuk kredit
i. Sensitivitas
harga pelanggan
PROMOSI
Produk perlu dikenal, diketahui, dibutuhkan, dan diminta konsumen,
maka wirausaha harus segera melakukan antara lain
a. Informasikan
kepada konsumen
b. Bujuk
konsumen agar mau membeli
c. Pengaruhi
konsumen agar tertarik
Kegiatan di atas dapat dilakukan dengan periklanan dan promosi
lewat media cetak atau media elektronik, pameran atau eksibisi dagang, hiburan,
dan lain-lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar