Senin, 04 Mei 2015

PERENCANAAN USAHA

NAMA           : INDAH ISWAHDANIYAH
KELAS          : 3DF01
NPM               : 58212356
TUGAS          : EKONOMI KOPERASI



PERENCANAAN  USAHA
Untuk memulai usaha bisnis diperlukan perencanaan dalam bentuk dokumen tertulis yg berisikan ide dasar dan pertimbangan pendirian perusahaan, sekaligus sebagai blue print yg berisikan tentang misi usaha, usulan usaha ,operasional usaha, rincian finansial, strategi usaha, peluang pasaryg mungkin diperoleh dan kemampuan serta ketrampilan pengelolanya.
Perencanaan usaha sebagai persiapan awal mempunyai dua fungsi penting, yaitu :
1.    Sebagai  pedoman untuk mencapai keberhasilan manajemen usaha
2.    Sebagai alat untuk mengajukan kebutuhan permodalan yang bersumber dari luar.

TEKNIK DAN STRATEGI PEMASARAN
Setelah memahami perencanaan usaha, langkah selanjutnya adalah mempelajari dan melatih bagaimana barang dan jasa yang dihasilkan itu dipasarkan (Distribusi). Sesuai dengan devinisi pemasaran itu sendiri yaitu: kegiatan meneliti kebutuhan dan keinginan konsumen (probe/ search), menghasilkan barang dan jasa sesuai deangan kebutuhan dan keinginan konsumen (product), menentukan tingkat harga (price), mempromosikannya agar produk dikenal konsumen (promotion), dan mendistribusikan produk ketempat konsumen (place), maka tujuan pemasaran adalah bagaimana agar barang dan jasa yang dihasilkan disukai, dibutuhkan, dan dibeli oleh konsumen
Ini berarti bahwa dalam pemasaran haruslah diawali dengan riset pemasaran, yaitu untuk meneliti kebutuhan dan keinginan konsumen. Sesuai dengan tujuan pemaasaran maka inti dari pemasaran yaitu menciptakan nilai yang lebih tinggi dibandingkan nilai yang diciptakan oleh pesaing bagi konsumen. Strategi usaha yang yang cocok dengan konsep tersebut adalah memproduksi barang dan jasa apa bisa dijual dan bukan menjual barang dan jasa yang bisa diproduksi. Prinsip dasar dari pemasaran adalah menciptakan nilai bagi langganan (customer value), keunggulan bersaing (competitive advantages), dan fokus pemasaran. Tujuan pemasaran bukanlah untuk mendapatkan langganan, akan tetapi memperbaiki situasi bersaing.

PERENCANAAN PEMASARAN
Pembahasan tentang strategi perusahaan tidak bias terlepas dari perencanaan, arahan, atau acuan gerak langkah perusahaan untuk mencapai suatu tujuan. Ada beberapa langkah dalam merencanakan pemasaran bagi usaha baru ;
Ada beberapa langkah dalam merencanakan pemasaran, langkah-langkah tersebut terdiri dari.
1.      Penentuan kebutuhan dan keinginan pelanggan
2.      Memilih pasar sasaran khusus 
3.      Menempatkan strategi pemasaran dalam per-saingan
4.      Pemilihan strategi pemasaran



BERORIENTASI PADA KONSUMEN
Usaha baru yang berhasil pada umunya memusatkan perhatian pada pengembangan sikap yang berorientasi pada kepuasan pemilik kepentingan (Stakeholder satisfaction).

KUALITAS
Agar berhasil dalam persainagn global sangatlah penting bagi perusahaan untuk mmeperhatikan kulitas barang dan jasa serta pelayanan. Perbaikan kualitas tersebut terangkum dalam (Total Quality Managenent/ TQM). Menurut Zimmerer (1996) ada lima komponen kualitas yang secara berurutan perlu diperhatikan, yaitu:
·         Ketepatan (Realibity), yaitu rat-rat kelalaian/ pengabaian.
      Daya tahan (Durability), yaitu berapa lama barang dan jasa tersebut dapat dipakai/ bertahan.
      Mudah digunakan (easy of use), yaitu barang dan jasa tersebut harus mudah untuk digunakan.
      Nama merek yang terkenal dan dipercaya (Known and trusted brand name).
      Harga yang relative murah.

KENYAMANAN
Untuk mengetahui kenyamanan dapat dilakukan dengan cara meminta informasi kepada pelanggan.



INOVASI
Inovasi merupakan kunci keberhasilan bagi usaha baru. Perubahan pasar yang sangat cepat dan persainagn yang kompleks menuntuk inovasi yang terus menerus, hal itu akan menjadi kekuatan bagi wirausahawan dalam meraih sukses usahanya. Bebebrapa bentuk inovasi yang lazim dan terkenal antara lain bentuk baru, perbedaan teknik/ cara, dan pendekatan baru dalam memperkenalkannya.

KECEPATAN
Kecepatan merupakan kekuatan dalam persainagn. Dengan kecepatan berarti mengurangi biaya, meningkatkan kualitas, dan memenuhi permintaan pasar. Secara filosofis, kecepatan disebut Time Commpression Management (TCM).

PELAYANAN DAN KEPUASAN PELANGGAN
Wirausaha mengetahui bahwa salah satu cara terbaik untuk mempertahankan pelanggan dan menarik pelanggan baru adalah dengan menyajikan pelayanan yang lebih baik yang tidak tertandingi oleh pesaing lain.

PRODUK (Product)
Produk selalu mengalami daur ulang (product life cycle) yang meliputi :
a.    Tahap pengembangan
b.    Tahap pengenalan
c.    Tahap pertumbuhan penjualan
d.    Tahap kematangan
e.    Tahap kejenuhan
f.     Tahap penurunan

TEMPAT (Place)
Tempat yang menarik bagi konsumen adalah tempat yang strategis, menyenangkan, dan efisien, untuk mencapai sasaran tempat dapat dilakukan dengan cara :
a.    Perbanyak saluran distribusi
b.    Perluas segmentasi
c.    Layout
d.     Penyampaian barang efisien
e.     Sistem persediaan

 HARGA (Price)
Harga yang tepat adalah harga yang terjangkau dan harga yang paling efisien bagi konsumen. Wirausaha dapat menentukan harga yang paling efisien dengan inovasi dan kreativitasnya. Ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan dalam menntukan harga, yaitu :
a.    Biaya barang dan jasa
b.    Permintaan dan penawaran pasar
c.    Harga pesaing
d.    Kondisi ekonomi
e.    Lokasi usaha
f.     Fluktuasi musiman
g.    Psikologis pelanggan
h.    Bunga kredit dan bentuk kredit
i.      Sensitivitas harga pelanggan

PROMOSI
Produk perlu dikenal, diketahui, dibutuhkan, dan diminta konsumen, maka wirausaha harus segera melakukan antara lain
a.    Informasikan kepada konsumen
b.    Bujuk konsumen agar mau membeli
c.    Pengaruhi konsumen agar tertarik
Kegiatan di atas dapat dilakukan dengan periklanan dan promosi lewat media cetak atau media elektronik, pameran atau eksibisi dagang, hiburan, dan lain-lain.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar